POPULAR STORIES

Toyota Indonesia Sudah Kapalkan 2.520.754 Unit Kendaraan Ke 100 Negara

Toyota Indonesia Sudah Kapalkan 2.520.754 Unit Kendaraan ke 100 Negara  Deretan mobil Toyota yang diterima pasar Indonesia (TMMIN)

KabarOto.com - Sebanyak 2.520.754 unit kendaraan telah dikapalkan Toyota Indonesia sejak tahun 1987 hingga saat ini, ke hampir ke 100 negara di berbagai wilayah belahan dunia.

Sejak beberapa dekade lalu tepatnya tahun 1987, aktivitas ekspor perdana Toyota Indonesia dimulai dengan produk Kijang generasi ketiga, yang dikirimkan secara tradisional menggunakan tali pengait. Dikapalkan ke Brunei Darusalam serta beberapa negara di kawasan Asia Pasifik.

Kemudian selang beberapa tahun kemudian, kinerja espor kendaraan terus berkembang dengan menambah beberapa lini model hingga di tahun 2017. Pencapaian ekspor kendaraan Toyota Indonesia sudah mencapai 200 ribu unit yang merupakan volume tertinggi sejak 5 tahun terakhir.

Baca Juga: Bentuk Infrastruktur Mobil Listrik Yang Telah Disiapkan Toyota Untuk Indonesia

Selain melakukan ekspor kendaraan secara utuh, Toyota Indonesia juga melakukan ekspor kendaraan dalam bentuk terurai (CKD), ekspor mesin, komponen dan alat pendukung produksi (dies & jigs). Selain itu, sejak tahun 2019 kendaraan konversi seperti cash carrier, well-cab, dan patrol car juga diekspor oleh Toyota Indonesia ke mancanegara.

Prestasi performa ekspor industri otomotif nasional berlanjut di tahun 2022, Toyota Indonesia menjadi negara pertama yang membuka keran ekspor ke Australia dan turut menandai pencapaian dua juta unit.

Tahun 2022, juga menjadi penanda keberhasilan dan perjuangan SDM Indonesia berdaya saing yang berhasil memproduksi Kijang Innova Generasi 7 Zenix dengan varian ICE dan Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan menggunakan baterai yang dirakit secara lokal.

Baca Juga: Capai Garis Finis, Intip Modifikasi Toyota Land Cruiser 200 Yang Digeber Julian Johan Di AXCR 2023

Tahun 2023 Toyota Indonesia kembali meluncurkan Yaris Cross sebagai kendaraan HEV kedua yang diproduksi oleh anak bangsa dari pabrik TMMIN di Karawang.

Mengikuti jejak Kijang Innova Zenix, kehadiran Yaris Cross juga memperoleh respon positif karena dapat menjawab kebutuhan warga global untuk berkontribusi terhadap bumi ,yang lebih hijau dengan utilisasi kendaraan ramah lingkungan.

"Hal ini menunjukkan kekuatan SDM nasional yang tidak hanya unggul dalam bentuk populasi saja, namun juga berdaya saing tinggi karena berhasil menghasilkan produk-produk otomotif berteknologi tinggi ke pasar global,” ujar Bob Azam Wakil Presiden Direktur PT TMMIN.